Kenali Resiko Ini Sebelum Terjun Main Saham

Sharing is caring!

Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Jika anda membeli saham berarti anda membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Dan anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, jika perusahaan membukukan keuntungan. Anda juga bisa mengambil keuntungan dari naiknya harga saham tersebut dari waktu ke waktu.

Ketika bermain saham maka pasti akan mendapatkan keuntungan,pun dengan kerugiannya. Seseorang yang mermain saham akan mendapatkan kerugian jika bermain saham tidak dengan pemikiran yang matang. Keuntungan yang di dapat dalam bermain saham sangatlah beruntung,bahkan keuntungannya bisa mencapai ratusan juta atau bahkan lebih. Namun bermain saham juga mempunyai sisi kerugian seperti membangun usaha saja yang memiliki sisi untung dan rugi. Resiko bermain saham sedini mungkin harus kita pahami sebelum berani bermain saham.  Adapun beberapa resiko bermain saham yang harus dikenali antara lain: 

  • Capital Loss, merupakan perhitungan dari selisih negatif nilai jual sebuah saham dengan nilai belinya. Hal ini akan terjadi ketika anda menjual saham dengan harga lebih rendah dari harga membelinya.
  • Likuidasi yaitu bagian dari ketika emiten berada di dalam status bangkrut. Ketika berada di situasi ini pemilik saham memiliki hak atas aset perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang anda miliki.

Dan yang lainnya adalah ketika emiten berada di situasi bangkrut dan tidak memiliki asset setelah melunasi hutang, membayar pajak dan gaji prgawai maka saham tersebut akan hangus dan tak aka nada lagi pengembalian kepada pemiliknya.

Anda bisa mengantisipasi Risiko bermain saham dengan beberapa strategi yang matang dan mampu mengendalikan risiko dari nilai saham. Dan itupun  bergantung bagaimana ketika seorang pemilik modal atau saham mampu menerima segala konsekuensi yang dipilihnya.

Cara untuk mencegah terjadinya risiko bermain saham yaitu dengan membuat strategi dan kesiapan yang lebih matang dalam setiap situasi dan berbagai hal.  Antara lain dengan Para pemain saham biasanya akan menggunakan cara diversifikasi portofolio. Diversifikasi disini adalah ketika seseorang akan membeli saham mereka memilihnya dari beberapa emiten industri, jenis saham, serta skala perusahaan yang berbeda-beda. Kemudian dengan memiliki saham yang berbeda -beda pada setiap perusahaan. Sehingga ketika satu perusahaan mengalami kerugian maka pemain saham masih memiliki nilai saham di perusahaan yang lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *