Trik Mudah Sewa Rumah Dengan Harga Murah

Sharing is caring!

Membeli rumah di Jakarta memang merupakan hal yang tidak mudah untuk diwujudkan. Terlebih lagi bagi kamu yang masih belum memiliki status pekerja tetap tentunya beli rumah dijual di Jakarta bukan solusi yang tepat untukmu. Sewa rumah atau mengontrak rumah merupakan solusi yang sangat tepat untukmu saat ini. Namun tahukan kamu jika harga sewa rumah di Jakarta juga cukup tinggi ? namun kamu masih bisa mengatasi hal ini dengan mengajak teman atau rekan kerja untuk sewa rumah bersama dan melakukan pembayaran bersama.

 

Tinggal dengan rekan kerja atau teman tentunya tidak akan mudah meskipun pembayaran akan lebih ringan dilakukan. Apakah kamu mampu tinggal bersama dengan mereka tanpa ada cekcok dan rukun selalu dalam janga waktu panjang ? agar hal ini tidak terjadi kamu bisa menghindarinya dengan tips dan trik berikut ini.

Buat Sistem Pembayaran Sewa Rumah

Tidak hanya membeli rumah dijual di Jakarta saja yang memiliki sistem atau tata cara pebayaran khusus. Membayar uang sewa rumah pun perlu memiliki sistem dan tata pembayaran agar tertib dan disiplin serta tidak menimbulakan masalah berarti.

 

Ketika kamu memiliki anggota 4 orang untuk tinggal di rumah sewa sementara jumlah kamar hanya ada 3, maka harus ada dua orang yang mengalah untuk berbagi kamar. Antara orang yang memiliki kamar sendiri dan kamar berbagi tentu akan memiliki nilai uang sewa yang berbeda. Tentukan hal ini dengan berdiskusi. Pastikan kamu menentukan jadwal mengumpulkan uang bayaran sewa rumah dan sistem pembayaran pada pemilik rumah. Jangan sampai terjadi komunikasi yang dalah sehingga uang sewa rumah terlambat untuk dibayarkan.

Tidak hanya uang sewa rumah, kebutuhan lain seperti pembayaran baya listrik, kebersihan dan biaya keamanan lingkungan perlu untuk didiskusikan. Jika kamu ingin belanja kebutuhan secara bersama, jangan lupa untuk mencatat semua pengeluarannya dan membanginya secara merata kepada seluruh anggota rumah.

 

Buat Tata Tertib Di Rumah

Meskipun kamu sudah mengenal temanmu selama bertahun – tahun, namun membuat aturan dan tata tertib tetap harus kamu lakukan untuk mendapatkan suasana yang rukun. Peraturan seperti membawa hewan peliharaan ke rumah, membawa teman lawan jenis ke rumah atau pembangian kunci cadangan rumah, jam malam untuk pulang ke rumah. Setiap penghuni rumah memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda. Lakukan diskusi untuk mencari jalan tengah dan membuat aturan tertentu jika kamu dan anggota lain tetap menginginkan suatu hal. Jika seluruh anggota rumah bisa saling menghormati tentu kamu bisa hidup dan tinggal dengan nyaman dan tentram.

 

Jangan Pakai Barang Tanpa Izin

Beberapa orang memiliki kebiasaan tersendiri untuk meminjam barang tanpa meminta izin pada pemiliknya. Jangan pernah kamu lakukan hal ini ketika tinggal dan sewa rumah dengan rekanmu. Meskipun kamu sudah mengenalnya cukup lama, tentu akan tidak nyaman ketika ia tersinggung karena kamu tidak menghormatinya. Bila kamu ingin meminjam barang atau meminta bahan makanan yang mereka miliki. Mintalah izin ke mereka secara langsung terlebih dahulu. Apalagi bila barang yang akan kamu pinjam berupa sepatu atau baju. Bagi wanita khususnya kedua barang ini cukup sensitif.

 

Buat Jadwal Bersih – Bersih

Kamu tentu tidak akan nyaman ketika tinggal dengan orang yang malas bersih – bersih atau jorok. Apalagi mereka membiarkan kamu atau anggota lainnya yang membereskan. Maka buatlah peraturan untuk membersihkan rumah dengan melibatkan seluruh anggota rumah. Jadwalkan satu orang pada setiap harinya. Atau jika kalian tidak memiliki waktu untuk melakukannya, kalian bisa menggunakan jasa asisten rumah tangga atau menyewa jasa petugas kebersihan yang datang beberapa kali dalam satu minggu.

 

Kerja Sama, Saling Membantu

Bekerja sama dan saling membantu tidak hanya dilakukan oleh anggota keluarga saja. Kamu juga harus memahami dan membantu sesama saat tinggal dengan orang lain. Seperti misalnya ada anggota rumah yang bekerja di malam hari dan baru pulang saat pagi tiba, cobalah untuk tidak membuat suara bising agar ia bisa beristirahat dengan tenang. Memberikan bantuan kepada teman yang sedang mengerjakan tugas atau sedang memasak juga bisa kamu lakukan untuk mendekatkan antara anggota rumah.

 

Komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang cukup penting untuk menjaga hubungan tetap baik dan rukun. Sekedar bertanya keberadaan mereka saat pulang tidak tepat waktu atau sekedar bertanya sudah makan atau belum ketika kamu akan memasak merupakan ide yang sangat baik. Hal – hal sepele seperti ini bisa membantu kamu dan teman – teman sewa kamar lainnya ntuk mengantisipasi kejadian berbahaya yang tidak terduga.

 

Habiskan Waktu Bersama

Tinggal bersama namun tidak terasa nyaman dan hangat. Apa gunanya tinggal bersama. Agar suasana menjadi lebih hidup cobalah untuk menghabiskan waktu dirumah bersama – sama dengan kegiatan – kegiatan seperti memasak, membuat sesuatu, menonton tv, makan camilan hingga berpergian bersama.

 

Semoga tips dan trik diatas bisa membantu kamu untuk rukun dan hidup menyenangkan meskipun hanya sewa rumah dengan banyak orang. Jangan lupan untuk terus menabung agar kamu bisa membelirumah dijual di Jakarta sesegera mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *